Dokumen Kependudukan sebenarnya merupakan Basis Utama dan Fokus dari segala persoalan Pembangunan

Dokumen Kependudukan sebenarnya merupakan Basis Utama dan Fokus dari segala persoalan Pembangunan

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs.Hansasri, MM menghadiri Pekan Layanan Dukcapil Sumatera Barat Selasa (4/10/2022) bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sumbar di jalan Jendral Sudirman no.51 Kota Padang.

Pekan Layanan Dukcapil yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Propinsi Sumatera Barat ke 77 itu dihadiri juga oleh Asisten III Andri Yulika, SH, M.Hum, Kadis Dukcapil Prop. Sumbar Drs. Besri Rahmad, MM serta Kepala Dinas Dukcapil se Propinsi Sumatera Barat mengambil tema “Dukcapil Hadir Bersama” Membahagiakan Masyarakat.

Dinas Dukcapil propinsi Sumatera Barat beserta jajaran telah melakukan terobosan dalam mempermudah masyarakat dalam memperoleh Dokumen mulai KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Surat Pindah yang semuanya tidak dipungut biaya karena telah dibiayai oleh Pemerintah, jelas Kadis Dukcapil Drs. Besri Rahmad.MM dalam sambutannya dihadapan masyarakat yang antusias terhadap program Kependudukan ini.

Kadis diawal sambutannya sebagai sekapur sirih dengan beberapa pantun, menyampaikan sebagai ungkapkan permintaan maaf kepada masyarakat bila ada keterlambatan dalam pengurusan Dokumen Kependudukan pihak nya memberi berupa cindra mata pada masyarakat.

Sekda Propinsi Sumatera Barat Drs. Hansasri, MM dalam arahannya mengatakan meski bukan merupakan urusan pelayanan dasar menurut Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah namun Adminduk menjadi dasar dalam semua pelayanan Publik dan Perubahan Kebijakan yang diatur dalam Undang-undang No. 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Dokumen Kependudukan sebenarnya merupakan Basis Utama dan Fokus dari segala persoalan Pembangunan, hampir semua kegiatan pembangunan, baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor, terarah dan terkait dengan Penduduk atau dengan kata lain Penduduk harus menjadi Subjek sekali Objek Pembangunan ” ungkap Sekda.

Drs.Hansasri, MM l mengajak masyarakat agar dapat gunakan momen dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sumatera Barat yang lahir pada tanggal 1 Oktober 1945 ini untuk mengurus dokumen kependudukan yang dilaksanakan oleh 16 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat sampai tanggal 7 Oktober 2022 mendatang.

Sedangkan 3 Kabupaten/Kota tidak dapat ambil bagian karena bertepatan hari yang sama melakukan acara Sosialisasi dan pelayanan KIA ke Sekolah-sekolah yang juga bertujuan menyukseskan Administrasi Kependudukan.

Sementara itu Ashadi warga Jalan Nipah Kota Padang yang ikut antri untuk mengurus KTP anaknya yang sudah berumur 17 mengatakan sangat terbantu sekali dengan adanya layanan yang dikomandoi oleh Dinas Dukcapil Propinsi Sumatera Barat. (Hafrizal Harun)

Sumber : https://prnewspresisi.com/dokumen-kependudukan-sebenarnya-merupakan-basis-utama-dan-fokus-dari-segala-persoalan-pembangunan/