SIBUK DATA

SIBUK DATA

     Inovasi Sibuk Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat adalah suatu komponen yang dibuat dan dirancang untuk digunakan sebagai wadah untuk menginput data-data kependudukan seperti yang ada di buku data kependudukan dan profil perkembangan kependudukan. Untuk masing-masing dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota sudah dibuatkan user name oleh operator Dinas Dukcapil Provinsi.

     Dengan satu data kependudukan, semua platform layanan publik akan dapat menggunakan satu nomor yang sama terlepas dari beragamnya jenis layanan publik yang disediakan platform-platform tersebut, data kependudukan sangat banyak diperlukan untuk pelayanan publik seperti Data kependudukan dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat setiap semester setiap tahunnya. Perkembangan perubahan data penduduk setiap hari berubah maka dirasa perlu memberikan informasi data perkembangan kependudukan kapada masyarakat. Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang Dukcapil, Dinas Dukcapil Provinsi menyediakan aplikasi Sistem Informasi yang berisikan data kependudukan persemester dan data Profil Perkembangan Kependudukan, serta informasi-informasi lainnya. Aplikasi ini bisa dengan mudah diakses masyarakat kapan dan dimanapun berada. Sehinggga masyarakat tidak perlu datang dan bertanya kepada aparatur Dukcapil. Aplikasi ini berupa website.

      Masyarakat dapat mengakses http://app.disdukcapil.sumbarprov.go.id:82/bukudata/ , untuk mendapatkan layanan dari inovasi ini.

Rahman