Pembahasan Anggaran Dinas Dukcapil Sumbar Tahun 2024

Pembahasan Anggaran Dinas Dukcapil Sumbar Tahun 2024

Untuk Pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik diperlukan perencanaan yang matang. Sesuai dengan tugas dan fungsinya, DPRD memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah fungsi anggaran. Fungsi anggaran pada DPRD merupakan perwujudan dari adanya mekanisme checks and balances atau mekanisme saling mengawasi dan saling mengimbangi.

Dinas Dukcapil Sumbar merupakan salah satu Perangkat Daerah mitra yang mengikuti Pembahasan Anggaran Tahun 2024 yang dilakukan oleh Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat. Kepala Dinas Dukcapil Sumbar Drs. Besri Rahmad, MM memaparkan rencana Kegiatan dan Anggaran tahun 2024 dan menyajikan perkembangan pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Tahun 2023 Dinas Dukcapil Sumbar.

Dalam kesempatan pembahasan anggaran yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 November 2023 di ruang Rapat Utama I DPRD Sumbar, Kepala Dinas Dukcapil Sumbar mengajukan tambahan kegiatan untuk Pelayanan dalam Rangka Hari Jadi Sumatera Barat, berupa Kegiatan Pekan Pelayanan Adminstrasi Kependudukan. Kepala Dinas juga mengusulkan tamhabahan anggaran untuk pembuatan tempat Ibadah pada Dinas Dukcapil Sumbar.

Pembahsan anggaran di DPRD merupakan bentuk perwujudan transparansi Pemerintah Daerah. Dengan dilakukan pembahasan anggaran Organisasi Perangkat Daerah merupakan pelaksanaan ciri-ciri tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Semoga dengan dilakukan pembahasan anggaran tahun 2024 ini, Dinas Dukcapil Sumbar dapat mewujudkan Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan.