Rapat Koordinasi Dukcapil Provinsi dan Kab/Kota se Sumbar Tahun 2023

Rapat Koordinasi Dukcapil Provinsi dan Kab/Kota se Sumbar Tahun 2023

 

     Dinas Dukcapil Sumbar menyelenggarakan acara Rapat Koordinasi Dukcapil Provinsi dan Kab/Kota se Sumbar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 6 September 2023 bertempat di Auditorium Gubernur Sumatera Barat. Dalam laporannya, Kepala Dinas Dukcapil Sumbar Drs. Besri Rahmad, MM menyampaikan tema Rakor yang diselenggarakan adalah Peran dan Fungsi Strategis Dinas Dukcapil pada Pemilu Pilkada Tahun 2024. Banyak prestasi Dinas Dukcapil Provinsi Sumbar diantaranya adalah sebagai Juara Nasional Dukcapil provinsi terkolaboratif dalam pelaksanaan pelayanan Administrasi Kependudukan. Rakor ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Dukcapil dalam meningkatkan kompetensi aparatur dalam melayani dan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

     Rakor Dukcapil ini dihadiri Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah, SP, Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd, Direktur PIAK ditjen Dukcapil Dr. Handayani Ningrum, Kadis Dukcapil Kab/Kota se Sumatera Barat serta Kepala Bidang terkait pada Dinas Dukcapil Kab/Kota se Sumatera Barat.

     Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah, SP memberikan Arahan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kab/Kota se Sumatera Barat tahun 2023. Gubernur mengapresiasi pelaksanaan Rakor Dukcapil ini karena susuai dengan Sunah Nabi Muhammad SAW, dimana dalam rakor ini dilakukan pengelolaan dan penataan penduduk agar tertata rapi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Gubernur berharap dengan pelaksanaan rakor ini dapat berkontribusi dalam kelancaran agenda demokrasi dan mengatasi serta meminimalisir permasalahan yang ada kedepannya dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada tahun 2024.

     Dirjen Dukcapil Kemendagri Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd menyampaikan bahwa Ditjen Dukcapil sangat mengapresiasi Gubernur Sumatera Barat dalam mendukung membina dan mensupport pelaksanaan penyelenggaraan urusan dukcapil di Sumatera Barat serta mendorong penyelenggaraan tugas koordinasi pembinaan pengawasan evaluasi serta penguatan kpd Pemerintah Daerah Kabupaten Kota pengadaan sarana dan prasarana adminduk capil oleh Gubernur Sumatera Barat. Dirjen Dukcapil mengatakan bahwa ketersediaan blangko KTP elektronik Insha Allah akan tersedia sampai akhir tahun 2023, juga akan tersedia hingga pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024. Dirjen Dukcapil berharap agar Dinas Dukcapil bekerja keras untuk menuntaskan perekaman KTP elektronik, KIA dengan berbagai inovasi baru. Dinas Dukcapil agar memaksimalkan aktifasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) agar dapat dimanfaatkan dalam pelayanan publik seperti pada dunia perbankan. Dirjen Dukcapil juga meminta agar selalu dilakukan kegiatan jemput bola ke lapangan, memberikan pelayanan adminduk sampai ke pelosok daerah guna mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

     Pada acara ini Dirjen Dukcapil Kemendagri juga menyerahkan sepuluh ribu keping blangko KTP elektronik kepada Gubernur Sumatera Barat untuk memenuhi kebutuhan cetak KTP bagi pemilih pemula yg memasuki usia 17 tahun, perobahan elemen data penduduk, penggantian ktp rusak/hilang dan lainnya yang diurus masyarakat melalui Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.

Rahman