Pelaksanaan Rakornas 2023 untuk Penguatan Dukcapil dalam Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu

Pelaksanaan Rakornas 2023 untuk Penguatan Dukcapil dalam Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu




     Dalam rangka pengelolaan dan penguatan Dukcapil dalam permberian layanan kepada masyarakat, Dinas Dukcapil perlu melakukan peningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia, inovasi dan penguatan Digitalisasi.
Rakornas Dukcapil II 2023 yang digelar di kota Palembang diselenggarakan pada tanggal 24-26 Oktober 2023 dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

     Dalam arahnnya Menteri Dalam Negeri menyampaikan bahwa beliau bangga dengan Dukcapil se Indonesia karena output Ducapil datanya sangat akurat dan dimanfaatkan oleh seluruh pengguna pemerintah dan swasta. Hal ini disebabkan network dan sistem online yang update dari Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota menyebabkan Data Dukcapil menjadi paling akurat tentang Kependudukan di Indonesia.

     Dalam pembukaan Rakornas Dukcapil II 2023 dengan tema Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu serentak 2024, Menteri Dalam Negeri memberikan Penghargaan kepada Dinas Dukcapil yang berprestasi. Salah satu penghargaan yang diberikan kepada Sumatera Barat adalah Penghargaan Dukcapil Prima Award tingkat Nasional skala Kabupaten.

     Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Dukcapil Sumbar Drs. Besri Rahmad, MM mewakili menerima penghargaan untuk Sumatera Barat. Penghargaan Dukcapil Prima Award yang diterima adalah kategori Kabupaten dengan Jumlah Penduduk kecil.
Kabupaten yang menjadi pilihan adalah Kabupaten Tanah Datar.

     Rakor yang dilaksanakan sampai dua hari kedepan diharapkan dapat menambah semangat kerja aparatur Dinas Dukcapil dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat serta dapat menciptakan database kependudukan yang akurat yang dapat dimanfaatkan dalam segala urusan pemerintahan.

     Semoga Rakornas Dukcapil II 2023 dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerbitan dokumen kependuduk dan tersedianya database yang akurat dan bermanfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan. (fpp.ap)

Rahman