GUBERNUR BUYA MAHYELDI SAKSIKAN PENANDATANGANAN KERJA SAMA PEMANFAATAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA)

GUBERNUR BUYA MAHYELDI SAKSIKAN PENANDATANGANAN KERJA SAMA PEMANFAATAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA)

Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan Dokumen Negara sebagai tanda pengenal yang sah bagi anak, dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi keuangan di dunia perbankan, persyaratan pendaftaran sekolah, pelayanan kesehatan, pembuatan dokumen keimigrasian, dan KIA dapat untuk mencegah terjadinya perdagangan anak.

Sebagai bentuk Pemanfaatan KIA dalam dunia perbankan, Dinas Dukcapil Sumbar menggelar acara Penandatanganan Kerja Sama Pemanfaatan KIA dengan Bank Nagari. Setiap anak yang mengurus KIA akan diberikan voucer saldo pembukaan rekening tabungan atau penambahan saldo tabungan yang dilakukan di kantor cabang Bank Nagari se Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyaksikan penandatanganan Kerja Sama antara Kepala Dinas Dukcapil Sumbar Drs. Besri Rahmad, MM dengan Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad, yang menyerahkan 10.000 voucher saldo tabungan pelajar Bank Nagari bagi anak yang mengurus KIA. Acara yang digelar di Padang hari Senin tanggal 18 Juli 2022 juga dilangsungkan penandatanganan Kerja Sama Pemanfaatan KIA dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Dinas Dukcapil Sumbar berharap dengan adanya Kerja sama ini akan meningkatkan Kepemilikan KIA Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, dan adanya peningkatan kinerja dalam hal kerja sama pemanfaatan KIA dengan lembaga/ mitra Dinas Dukcapil. (FPP).

Rahman